memunculkan tab designer phpmyadmin di ubuntu

Senin, 27 Juni 2011


waktu q mengerjakan Tugas Akhir q ada masalah tenatng ERD(Entity Relational Database).
kebetuan ane pake ubuntu karmik nak temen2 kalo buat relasi antar tabel mengunakan sql manager yang notabenya ber lisensi/ berbayar....... n bisa berjalanaya kayanya hanya di w******s
nah ane borwsing kesana kemari akhirnya nemu jugadah......
cara nya:
1. backup configurasi yang akan kita edit kalo salah kan bisa di kembalikan lagi dengan perintah

sudo cp /etc/phpmyadmin/config.inc.php /etc/phpmyadmin/config.inc.php.backup

2. Edit file /etc/phpmyadmin/config.inc.php dan hilangkan tanda komentarnya pada section2
tertentu dibawah perintah editnya saya gunakan gedit aja bawaan dari si karmic

gedit /etc/phpmyadmin/config.inc.php

Cari baris perintah dibawah ini dan hilangkan tanda coment nya.... (//)
Defautnya:

//$cfg['Servers'][$i]['pmadb'] = ‘masukkan_salah_ satu_nama_ database’;

//$cfg['Servers'][$i]['designer_coords'] = ‘masukkan_salah_ satu_nama_ tabel’;


==> Setelah di edit


$cfg['Servers'][$i]['pmadb'] = ‘masukkan_salah_ satu_nama_ database’;

$cfg['Servers'][$i]['designer_coords'] = ‘masukkan_salah_ satu_nama_ tabel’;


setelah itu logout dari phpmyadmin tu di bawah tulisan phpmyadmin debelah kanan gambar rumah.
dan buka kembali browsernya lalu login ke phpmyadmin
apa yang terjadi phpmyadmin kita tambah 1 tab lagi yaitu designer
Selamat mencoba...... waduh ane lupa dri mna q ambil artikel ini
maaf blognya lupa ane....

1 komentar:

  • Doscomedia says:
    4 November 2011 05.21

    Mantab bro.. Ijin share ya..
    Salam Opensource.. :D

Poskan Komentar

Banner


Pengunjung