Instalasi FreeNAS sebagai Data Center Di VirtualBox

[laelamadjnun.info]- Menyambung artikel sebelumnya yaitu Membuat Data Center Lokal, kali ini saya akan mengulas proses instalasi FreeNAS yang akan kita gunakan sebagai Oprating Sistem untuk Data Center, pada proses instalasi ini saya meggunakan Virtual Box untuk demo instalasinya, intinya sama seperti kita menginstall di PC, bedanya di VirtualBox untuk storage nya kita cuma menambahkan storage virtual, akan tetapi jika pada PC harus menambah storage fisik yaitu berupa hardisk atau SSD, seperti pada sekenario Membuat Data Center Lokal, kita akan membuat data center dengan Oprating Sitem FreeNAS yang terinstall di flashdisk dan menggunakan 2 media penyimpanan (Hardisk), 1 digunakan untuk media penyimpanan utama dan yang satu (1) di gunakan sebagai cermin (mirror), tujuan saya menggunakan mirror storage, jika suatu saat penyimpanan utama rusak, data kita masih ada pada mirror storage karena cara kerjanya ketika sebuah data di simpan pada media penyimpanan utama secara otomatis sistem akan menggandakan ke mirror storage jadi sekali menyimpan maka sistem akan menuliskan ke penyimpanan utama dan penyimpanan cadangan. berikut ini adalah tampilan dari media penyimpanan pada virtual box.


pada gambar diatas kita nanti akan mengginstall Oprating Sistem FreeNAS pada SYSTEM.vdi, STORAGE UTAMA.vdi saya gunakan untuk media penyimpanan utama dan MIRROR.vdi digunakan untuk media penyimpanan cadangan, kalo teman-teman install di VirtuaBox jangan lupa jaringan di setting Bridge ke ethernet jika koneksi jariganya melalui media kabel dan ke wirelless jika koneksinya melalui media wirelless, tujuanya agar data center kita nantinya otomatis mendapatkan ip address dari DHCP Server,  

dalam proses instalasi ini OS FreeNAS nya dalam bentuk file .ISO  jadi kita tinggal browse saja pada CD/DVD virtual dan cari dimana kita menyimpan file .iso tersebut.


Setelah semuanya siap kita tinggal jalankan dengan klik anak panah yang berwarna hijau (tampilkan), sampai keluar tampilan seperti berikut.


Setelah tampil seperti pada gambar diatas kita pilih nomor satu (1) Install/Upgrade kemudian tekan enter untuk melanjutkan ke proses selanjutnya dan akan tampil seperti berikut.


Pada gambar diatas media penyimpanan (Hardisk Virtual) terbaca ada 0 s.d ada 2, kita pilih ada0 kita bisa gunakan tombol navigasi keatas dan kebawah pada keyboard. Kemudian tekan enter untuk melanjutkan, kemudian akan tampil pesan seperti berikut.


Kita tekan tombol enter untuk menyetujui pesan diatas, maka proses instalasi akan dimulai, untuk proses instalasi freeNAS ini sistem akan menghapus semua file yang berada di media penyimpanan tersebut, OS ini butuh 1 buah media penyimpanan makanya saya sarankan agar OS ini terinstall di flashdisk dan media penyimpanan seperti hardisk dapat digunakan sebagai media penyimpanan data, berikut gambar proses instalasinya


Silahkan teman-teman tunggu sapai proses instalasi mencapai 100%, setelah proses instalasi selesai, maka akan muncul  peringatan sebagai berikut.


Pesan diatas menginformasikan bahwa proses instalasi FreeNAS sudah selesai, kemudian enter, maka akan kembali kemenu uama instalasi.


setelah kita diarahkan kembali ke menu utama kemudian kita reboot System dan tekan enter untuk proses restart, jika berhasil maka tampilanya seberti iberikut.


pada gambar diatas, server kita sudah mendapatkan ip address yang nantinya kita gunakan untuk bisa ke halaman administrator. pada gambar diatas secara default masih menggunakan dynamic ip, ip addressnya suatu saat dapat berubah, kita seting aga ip addres data center kita tidak berubah, kita atur ip static. silhkan teman-teman lihat pada gambar diabawah ini.


kemudian setelah sampai akhir yaitu configure IPV6? N kemudian enter maka ip adress data center kita akan statik dan akan berubah sesuai yang kita setting seperti gambar diatas.


Sampai disini porses instalasi Oprating Sistem FreeNAS sudah selesai kita tinggal melakukan Configurasi FreeNAS Sebagai Data Center
Terima kasih telah membaca artikel tentang Instalasi FreeNAS sebagai Data Center Di VirtualBox di blog TEKNOLOGI INFORMASI jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :