Mengatasi Bilangan Decimal di MailMarge MS Word 2013 (Format Ijasah)

[laelamadjnun.info] - MailMarge merupakan sebuah fasilitas di MS Word yang luar biasa hebatnya menurut saya, fasilitas ini dapat mempercepat kerja kita dalam membuat sebuah surat dengan format yang sama akan tetapi berbeda pada bagian tertentu, fasilitas ini dapat menggabungkan 2 lembar kerja pada MS Office yaitu MS Word sebagai template nya dan MS Excel atau MS acces sebagai databasenya, kali ini kasusnya penulis kebetulan mendapat tugas untuk membuat sebuah format untuk penulisan ijasah, untuk 284 siswa, dengan yang harus ditampilkan adalah rata-rata nilai raport dan nilai ujian sekolah formatnya seperti gambar berikut dan kebetulan penulis menggunakan Office 2013.


Format Ijasah Mailmage

Untuk databasenya penulis menggunakan MS.Excel 2013, untuk proses mail ini secara data muncul semua akan tetapi ada dua keanehan yaitu pada format desimal jika di RUN maka akan nampak seperti gambar berikut.

Hasil RUN

Angka di belakang koma lebih dari 1 digit, padahal yang saya inginkan adalah 1 digit dibelakang koma (,) berikut cara mengatasi masalah diatas agar angka di belakang koma (,) 1 digit. 
1. kita klik kanan --> klik Edit Field pada format nilai yang akan kita buat menjadi 1 digit dibelakang koma.

klik kanan pada format nilai


Maka akan tampil jendela  Field kemudian pilih MargeField pada Field names kemudian kita klik Field Codes 



Kemudian akan muncul Field Codes kita tambahkan format \# "0,0" dibelakang nama field codes seperti gambar berikut kemudian klik OK untuk menerapkan format desimal tersebut ke format nilai MailMage.

memasang format desimal

setelah selesai kita coba klik Preview Result jika berhasil maka akan berubah nilainya menjadi 1 digit di belakang koma seperti gambar berikut.

Hasil Preview Result

Sekian tutorial Mengatasi Bilangan Decimal di MailMarge MS Word 2013  jika ada kesalahan penulisan saya mohon maaf




Terima kasih telah membaca artikel tentang Mengatasi Bilangan Decimal di MailMarge MS Word 2013 (Format Ijasah) di blog TEKNOLOGI INFORMASI jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :