Install driver Ralink RT3090 di UBUNTU

[laelamadjnun.info]- mungkin Ini pengalamanku  dengan ASUS 1015PM yang baru dibeli salah satu teman, dan dia memintaku untuk menginstal os selain widows, dan dengan senang hari saya instal itu laptop dengan ubuntu yang notabenya os lumayan mudah dari keluarga linux dan pastinya open source, pada waktu penginstallan sih takada yang aneh dan tak ada yang error, akan tetapi ketika sudah selesai dan mau terkoneksi ke wirelles, tak ada satupun SSID dari wifi di sekitar kampus yang nyangkut, dan sayapun mulai curiga pasti driver wirelesnya bermasalah, dan sayapun browsing dengan laptop saya yang masih terkoneksi internet, saya singgah di salah satu situs dan ternyata benar ada masalah pada wirelles dengan pabrikan Rallink khususnya tipe RT3090 untuk ubuntu yang saya gunakan yaitu ubuntu 9.10 (Karmik Koala) . berikut ini cara yang saya lakukan untuk mengaktifkan driver wirelles tersebut

1. buka terminal ketik # lspci , maka akan keluar perangkat yang menacap di mainboard laptop kita, ternyata laptop ini menggunakan
RT3090 Wireless 802.11n 1T/1R PCIe
2. kunjungi alamat ni https://launchpad.net/~markus-tisoft/+archive/rt3090
kemudian piih ubuntu yang kita gunakan untuk kali ini saya menggunakan ubuntu versi 9.10
3. kemudian ketikan perintah
sudo modprobe rt3090sta untuk auto start

nah kalo abis di update ko ga bisa konek lagi silahkan buka terminal ketik gedit /etc/module
dan sisipkan di paling bawah rt3090sta lalu simpan dan restart maka akan kembali konek...
selesai dah.... selamat online ria......
semoga bisa membantu....
Terima kasih telah membaca artikel tentang Install driver Ralink RT3090 di UBUNTU di blog TEKNOLOGI INFORMASI jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :