chapcha di ubuntu 9.10 agar bisa aktif

[laelamadjnun.info]- chapcha ? chapcha merupalan serangkaian huruf atau gambar yang tersusun secara acak untuk memverifikasi sebuah inputan yang dilakukan oleh manusia atau bukan untuk menghindari spam atau input yang berlebihan oleh robot, bayangkan saja jika sebuah buku tamu atau form yang bisa di input oleh public tanpa chapcha maka banyak terjadi inputan yang dilakukan oleh robot atau aplikasi untuk menginput otomatis, tapi dengan adanya chapcha hal ini dapat meminimalisir hal tersebut walaupun tidak 100% berhasil karena di dunia ini tidak ada sistem yang 100% aman :).
artikel ini saya buat sebenarnya berdasarkan kasus yang saya alami sewaktu saya sedang belajar membuat buku tamu dengan keamanan chapcha, dan kebetulan saya menggunaka oprating sistem ubuntu, ternyata di ubuntu ini tidak semulus teman2 yang meggunakan oprating sistem jendela, yang langsung bisa tampil chapchanya, di sini saya mengalami masalah yaitu chapcha tersebut tidak tampil pada form buku tamu, dan kebetulan yang menggunakan ubuntu cuma  kita berdua seorang ya apa boleh buat saya dan kawan saya harus browsing dulu selama beberapa jam agar dapat menampilkan chapcha ya, dan setelah beberapa saat ahirnya ya ketemu juga dan ternyata modul php5-gd nya harus diaktifkan terlebih dahulu dan berikut langkah yang saya lakukan

1. buka terminal tulikan sudo su dan enter
2. masuakn password root anda dan enter
3. instal php5-gd seperti printah di bawah ini
sudo apt-get install php5-gd

setelah installasi selesai

restart apache dengan command

sudo /etc/init.d/apache2 restart

catatan :

anda harus terhubung dengan internet....
Terima kasih telah membaca artikel tentang chapcha di ubuntu 9.10 agar bisa aktif di blog TEKNOLOGI INFORMASI jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :